Nama File : Membuat menu di Delphi
Program : Delphi
Listing Program :
unit Unit1;
interface
uses
Windows, Messages, SysUtils, Variants, Classes, Graphics, Controls, Forms,
Dialogs, StdCtrls;
type
TForm1 = class(TForm)
Label1: TLabel;
Button1: TButton;
Label2: TLabel;
Label3: TLabel;
Button2: TButton;
GroupBox1: TGroupBox;
GroupBox2: TGroupBox;
GroupBox3: TGroupBox;
Label4: TLabel;
Label5: TLabel;
Label6: TLabel;
Label7: TLabel;
Edit1: TEdit;
Edit2: TEdit;
Edit3: TEdit;
procedure Button2Click(Sender: TObject);
procedure Button1Click(Sender: TObject);
private
{ Private declarations }
public
{ Public declarations }
end;
var
Form1: TForm1;
implementation
{$R *.dfm}
procedure TForm1.Button2Click(Sender: TObject);
begin
application.terminate;
end;
procedure TForm1.Button1Click(Sender: TObject);
var makanan : integer;
var minuman : integer;
begin
makanan :=StrToInt(Edit1.Text);
minuman :=StrToInt(edit2.text);
case makanan of
1:edit3.text :='Ayam Bakar dan ';
2:edit3.text :='Pecel Ayam dan ';
end;
case minuman of
1:edit3.text :=edit3.text+'Es Teh';
2:edit3.text :=edit3.text+'Es Jeruk';
end;
end;
end.
Logika Program :
Pada program kai ini kita memakai beberapa komponen yang antara lain :
a. Label
control yang dipakai sebagai tempat menampilkan keterangan.
b. Button
Kontrol yang digunakan atau dipakai sebagai tombol untuk melakukan suatu proses.
c. GroupBox
Berfungsi untuk mengelompokkan kontrol-kontrol pada form menjadi satu bagian. Fungsi lainnya yaitu ponggunaan bersamaan dengan radio button, jika radio button digunakan dalam form maka hanya bias diilih satu tetapi jika terdapat group box dalam form tersebut dan di dalamnya terdapat radio button maka pada group tersebut dapat pula dipilh radio buttonnya.
d. Edit Box
edit sendiri adalah kontrol yang dipakai sebagai tempat untuk mengisi maupun menampilkan data. Edit box juga digunakan untuk menampilkan data pada user
procedure TForm1
maksudnya kita sedang melakukan listing program pada form 1.
Begin
Untuk memulai penulisan program
End;
Untuk mengakhiri penulisan program pada bagian tertentu. Berbeda dengan End. berfungsi untuk mengakhiri penulisan keseluruhan bagian program.
procedure TForm1.Button2Click(Sender: TObject);
begin
application.terminate;
end;
Pada button2, kita fungsikan dalam program sebagai exit, maka agar ketika button2 diklik akan keluar dari program yang dijalankan, maka kita mengetikan application.terminate; Button2 ini di buat agar dijalankannya dengan cara di klik.
procedure TForm1.Button1Click(Sender: TObject);
var makanan : integer;
var minuman : integer;
begin
makanan :=StrToInt(Edit1.Text);
minuman :=StrToInt(edit2.text);
Pad bagian ini menggunakan Button1 sebagai pesan. Dalam button ini tertulis program seperti di atas. Yang diminta pada bagian ini adalah pada saat program dijalankan dan kita memasukkan pilihan baik itu pada makanan(edit1) atau minuman(edit2) maka pilihan kita akan tertera dalam edit3. Dalam program ini memakai case…of karena kita melakukan pilihan-pilihan.
Pertama kita menentukan variable yang akan digunakan yaitu variable makanan dan minuman dimana variable tersebut berupa tipe data integer( ditulis sebelum kata begin). Karena pilihan kita terhadap makanan dan minuman tersebut didalam edit maka kita harus mengkonversikan apa yang kita masukan pada edit1 dan edit2 ke dalam integer dengan menulis StrToInt. Hal ini dilakukan karena karena memang sudah menjadi ketentuan bahwa apapun yang diisikan kedalam text dianggap sebagai string (.text), maka dari itu dari string kita konversikan ke integer.
case makanan of
1:edit3.text :='Ayam Bakar dan ';
2:edit3.text :='Pecel Ayam dan ';
end;
case minuman of
1:edit3.text :=edit3.text+'Es Teh';
2:edit3.text :=edit3.text+'Es Jeruk';
Karena pada program yang dijalankan kita melakukan pilihan maka menggunakan case..of. Awalnya kita membuat case…of pada makanan. Di tulis dengan case makanan of. Kemudian 1:edit3.text :='Ayam Bakar dan '; berarti pada saat program dijalankan dan ketika kita memasukkan pilihan satu(di edit1) maka pada edit3 yang akan menampilkan tulisan “Ayam Bakar dan “ begitu pula pada 2:edit3.text :='Pecel Ayam dan '; berarti pada saat program dijalankan dan ketika kita memasukkan pilihan dua(di edit1) maka pada edit3 yang akan menampilkan tulisan “Pecel Ayam dan “
Kemudian kita membuat case…of pada minuman. Di tulis dengan case minuman of. Lalu 1:edit3.text :=edit3.text+'Es Teh'; berarti pada saat program dijalankan dan ketika kita memasukkan pilihan satu(di edit2) maka pada edit3 yang akan menampilkan tulisan apa yang telah dituliskan sebelummnya yaitu makanan dan ditambah dengan “Es Teh“ begitu pula 2:edit3.text :=edit3.text+'Es Jeruk'; berarti pada saat program dijalankan dan ketika kita memasukkan pilihan satu(di edit2) maka pada edit3 yang akan menampilkan tulisan apa yang telah dituliskan sebelumnya yaitu makanan dan ditambah dengan “Es Jeruk“
Dalam memasukkan pilihan, kita wajib melihat pada groopbox yang telah disediakan. Karena didalam GroupBox tersebut terdapat keterang menu-menu yang dapat dipilih dan telah disediakan
Output :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar