Selasa, 29 Maret 2011

Pengantar Web Science-E-Commerce

E-commerce jika kita membaca hal ini, pertama yang ada dalam di dalam pemikiran kita adalah bahwa perdagangan yang dilakukan dengan menggunakan internet. Tapi apa arti sebenarnya dari e-commerce E-commerce adalah suatu transaksi dagang yang dilakukan secara online dalam suatu jaringan komputer yang tertata dalam database antara pihak penyedia produk dengan pihak yang membutuhkan produk. Istilah e-commerce sendiri baru me booming beberapa tahun terakhir ini yang sebenarnya e-commerce dalam berbagai bentuk sudah ada lebih dari 20 tahun. Teknologi yang disebut dengan Electronic Data Interchange (EDI) dan Electronic Funds Transfer (EFT). Pertama kali diperkenalkan pada akhir tahun 1970-an. Pertumbuhan penggunaan kartu kredit, Automated Teller Machines dan perbankan via telepon di tahun 1980-anjuga m erupakan bentuk-bentuk Electronic Commerce. 


Ketika internet mulai dipakai maka internet inilah yang mnjadi dasar dari perkembangan e-commerce selanjutnya. Terdapat dua jenis perusahaan yang melakukan bisnis di internet. Perusahaan pertama adalah jenis perusahaan yang semata-mata hanya berada di internet. Perusahaan ini tidak mempunyai toko atau melakukan bisnis secara tradisional. Sebagai contoh : amazon.com dan cdnow. com. Sedangkan jenis lain menggunakan e -commerce di internet sebagai pengganti kegiatan bisnisyang ada. Contoh jenis perusahaan ini adalah Barnes dan Noble.


Kelebihan e-commerce sendiri adalah otomatisasi yang menggantikan proses manual yang biasa kita lakukan secara langsung tanpa perantara jaringan internet (enterprise resource planning concept). Kemudian Integrasi, yang mana menekankan pada efisien da efektifan dalam proses yang ada (just in time concept). Publikasi yang memberikan jasa promosi atas produk atau jasa yang ditawarkan terlebih dapat mencakup seluruh dunia(electronic cataloging). Interaksi sebagai pertukaran data atau informasi berbagai pihak dan mengurangi adanya human error(electronic data interchange). Transaksi yang adalah kesepakatan antara 2 pihak untuk melakukan transaksi yang melibatkan institusi sebagai pihak yang menangani pembayaran (electronic payment).


Sesuatu hal jika punya sisi kelebihan pasti juga ada sisi kelemahan atau kendala-kendala yang akhirnya menjadi kelemahan dari system ini. Kendalanya antara lain adalah kesukaran dalam mengintegrasikan basis data dan sistem proses transaksi. Rintangan budaya dan hokum misalnya transmisi detail kartu kredit, ada pula konsumen yang melakukan banyak perubahan dan hukum yang mengatur hal ini belum jelas. Barang atau jasa yang tidak bisa secara efisien dikemas dan dikirim. Ada pula penanaman modal yang tinggi. Beberapa produk yang memerlukan banyak orang sebagai pembelinya. Beberapa produk juga tidak bisa dijual seperti perhiasan mahal dan juga makanan yang cepat rusak.

Sedangkan jika diceritakan tenatang pengalaman pribadi saya dalam penggunaan e-commerce adalah ketika saya menjual gitar saya di internet. Media yang digunakan antara lain kaskus dan juga facebook yang menjadi jejaring social favorit saya. Penawaran banyak telah saya alami tetapi karena harga yang tidak sesuai dengan barang yang saya jual sampai sekarang gitar yang saya jual masih ada dirumah dan terpajang manis. Pertama kali saya menjual gitar melalui jalur sms yaitu dengan mengirimkan sms ke beberapa teman kenalan saya dan memang perbedaan peminat gitar tersebut sangat jauh berbeda yaitu saya hanya mendapatkan  peminat dari sekian banyak sms yang saya kirimkan. Hal ini sangat jauh berbeda dengan penggunaan internet sebagai media penawaran barang terkhusus adalah gitar saya ini.

Tetapi satu hal yang ingin saya ceritakan kembali. Ada beberapa pengertian bahwa e-commerce memiliki bentuk yang bermacam-macam. Penggunaan internet sebagai media utamanya adalah salah satu bentuk lain dari e-commerce. Seperti kata  Menurut Donna Perry, pengertian ecommerce sangat sederhana yaitu kemampuan untuk melakukan bisnis secara elektronik melalui komputer, fax, telefon, dsb. Bentuk lain dari e-commerce sebelum internet digunakan adalah dengan pemesanan melalui telepon. Kalau dalam hal ini saya sering melakukan pembelian bahkan sampai saat ini pembelian dengan cara tersebut beberapa kali dilakukan seperti menelepon ke tempat yang menjual dengan melihat penawaran barang dengan menggunakan media televisi. Lewat media ini saya belum mengalami kekecewaan karena barang yang dikirimkan akhirnya sampai dengan baik karena diantar langsung oleh kurir dari perusahaan tersebut pembayaran pun dapat digunakan dengan cara cash atau melalui transaksi perbankan. Itulah pengalaman  saya dalam dunia e-commerce.

Sumber : makalah ibu Lulu Munggaran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar